• SMK MUHAMMADIYAH KARANGANYAR
  • Islami, Kompeten Dan Mandiri

OPTIMALISASI KELAS DIGITAL MARKETING GUNA MENUMBUHKAN JIWA KEWIRAUSAHAAN SEBAGAI IMPLEMENTASI P5 SMK MUHAMMADIYAH KARANGANYAR Asih, S.Pd.

Pendidikan merupakan salah satu faktor terpenting dalam menentukan kualitas sumber daya manusia dan kemajuan bangsa. Pendidikan dan kurikulum merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan. Pendidikan adalah goal atau tujuan yang ingin dicapai atau bisa disebut sebagai sasaran jangka panjang untuk mewujudkan peserta didik yang unggul dan berprestasi. Sedangkan kurikulum adalah merupakan suatu program atau sistem yang digunakan untuk tercapainya pendidikan. Menurut UU No.20 tahun (2003) “kurikulum merupakan seperangkat rencana pembelajaran yang berkaitan  dengan  tujuan,  isi,  bahan  ajar dan cara yang digunakan dan dijadikan sebagai pedoman dalam penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai sebuah tujuan pendidikan nasional”. Bentuk nyata dari program atau sistem dalam pendidikan diwujudkan dalam kegiatan pembelajaran.

Implementasi kurikulum di Indonesia telah mengalami berbagai perubahan dan penyempurnaan. Dimulai tahun 1947, tahun 1964, tahun 1968, tahun 1973, tahun 1975,

tahun 1984, tahun 1994, tahun 1997 (revisi kurikulum 1994), tahun 2004 (Kurikulum Berbasis  Kompetensi),  dan  kurikulum  2006  (Kurikulum  Tingkat Satuan   pendidikan), dan pada tahun 2013 pemerintah melalui kementerian pendidikan nasional mengganti kembali menjadi kurikulum 2013 (Kurtilas) dan pada tahun 2018 terjadi revisi menjadi Kurtilas Revisi” (Ulinniam et al., 2021). Pada tahun ajaran 2022/2023, Kementerian Pendidikan telah resmi menggunakan Kurikulum Merdeka. Pada Kurikulum Merdeka, mengedepankan konsep “Merdeka Belajar” yang dirancang untuk membantu pemulihan krisis pembelajaran akibat ketertinggalan pembelajaran (learning loss) dan kesenjangan pembelajaran (learing gap) pasca Covid 19.

Kurikulum Merdeka berfokus pada materi yang esensial dan pada pengembangan karakter Profil Pelajar Pancasila. Pada Kurikulum Merdeka, terdapat beberapa istilah profil pelajar pancasila, seperti profil pelajar pancasila, penguatan profil pelajar pancasila, dan projek penguatan profil pelajar pancasila.

 

Profil pelajar pancasila merupakan pelajar Indonesia yang memiliki jiwa pelajar sepanjang hayat yang kompeten, berkarakter dan berperilaku sesuai nilai-nilai Pancasila. Profil pelajar pancasila tidak hanya fokus pada kemampuan kognitif tetapi juga sikap dan perilaku sesuai jati diri bangsa Indonesia yaitu pertama beriman, bertaqwa kepada Tuhan dan berakhlak mulia; kedua mandiri, ketiga bernalar kritis, keempat kreatif, kelima bergotong royong, serta keenam berkebinekaan global.

Dalam penerapan kurikulum merdeka, siswa dituntut untuk membuat atau melaksanakan suatu projek. Kegiatan Projek pada Kurikulum Merdeka dikenal dengan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan Projek Lintas Disiplin Ilmu yang kontekstual dan berbasis pada kebutuhan masyarakat atau permasalahan di lingkungan satuan pendidikan. Projek penguatan profil pelajar Pancasila, sebagai salah satu sarana pencapaian profil pelajar Pancasila, memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk “mengalami pengetahuan” sebagai proses penguatan karakter sekaligus kesempatan untuk belajar dari lingkungan sekitarnya. Dalam kegiatan projek profil ini, peserta didik memiliki kesempatan untuk mempelajari tema-tema atau isu penting seperti perubahan iklim, anti radikalisme, kesehatan mental, budaya, wirausaha, teknologi, dan kehidupan berdemokrasi sehingga peserta didik dapat melakukan aksi nyata dalam menjawab isu-isu tersebut sesuai dengan tahapan belajar dan kebutuhannya. Pelaksanaan projek penguatan profil pelajar Pancasila dilakukan secara fleksibel dari segi muatan, kegiatan, dan waktu pelaksanaan. Projek penguatan profil pelajar Pancasila dirancang terpisah dari intrakurikuler. Tujuan, muatan, dan kegiatan pembelajaran projek tidak harus dikaitkan dengan tujuan dan materi pelajaran intrakurikuler. Satuan pendidikan dapat melibatkan masyarakat dan/atau dunia kerja untuk merancang dan menyelenggarakan projek penguatan profil pelajar Pancasila.

Kemendikbudristek melalui Buku Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila telah menentukan 7 tema P5 untuk fase A (SD) sampai fase F (SMA/SMK/MA). Ketujuh tema tersebut adalah Gaya Hidup Berkelanjutan, Kearifan Lokal, Bhinneka Tunggal Ika, Bangunlah Jiwa dan Raganya, Demokrasi, Rakayasa dan Teknologi, dan Kewirausahaan. Satuan pendidikan memiliki keleluasaan untuk mengembangkan topik projek yang sesuai dengan tema dan tujuan projek profil serta kondisi dan kebutuhan peserta didik, satuan pendidikan, atau lingkungan daerah setempat.

 

SMK Muhammadiyah Karanganyar Kabupaten Pekalongan berdiri sejak tahun 2008, dengan Surat Keputusan Pendirian dari Dinas Pendidikan Kabupaten No 420/3061 /2008 tertanggal 2 Juli 2008 dengan membuka 2 (dua) Kompetensi Keahlian yaitu Farmasi dan Teknik Komputer Jaringan. Dan saat ini berkembang dengan pesat menjadi 4 kompetensi keahlian yaitu Farmasi, Teknik Komputer dan jaringan (TKJ) dan Tataboga. SMK Muhammadiyah Karanganyar terus mengembangkan sayapnya dengan terus mencetak prestasi baik dibidang akademik maupun non Akademik yang utamanya dengan membekali siswa dengan skil dibidang Kewirausahaan guna melahirkan lulusan SMK yang unggul dan mampu berdaya saing di dunia industri. Diantaranya, Pengembangan Teaching Factory (TeFa) pada Unit Produksi SMK Muhammadiyah Karanganyar merupakan perpaduan dari konsep pembelajaran berbasis kompetensi dan berbasis produksi produk dan jasa. Setelah mengembangkan TeFa, saat SMK Muhammadiyah Karanganyar juga telah memiliki Badan Usaha Sekolah (BUS) berupa Kantin Sekolah yang dikelola oleh sekolah dengan melibatkan semua komponen sekolah (Guru, Karyawan dan Siswa) dan Masyarakat sekitar. Program ini merupakan langkah positif yang ditawarkan Unit Produksi SMK Muhammadiyah Karanganyar kepada siswa dan orang tua guna mengembangkan jiwa enterpreneur. dengan harapan Lulusan SMK  Muhammadiyah Karanganyar mampu menjadi aset dan bukan menjadi beban.

Bisnis online saat ini berkembang pesat sejak pandemi Covid 19 hingga sekarang. Potensi ini dapat digunakan untuk mengembangkan topik kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada tema kewirausahaan. Salah satu alternatif topik yang dapat dipilih adalah Program Kelas Digital Marketing. Topik ini cocok diimplementasikan di Sekolah Menengah Kejuruan yang berada di Kabupaten Pekalongan. Hal ini disebabkan karena siswa SMK sudah melek teknologi, sudah cukup umur untuk memenuhi syarat administratif yang dibutuhkan saat membuat akun di platform digital seperti NIK dan nomor rekening bank, dan kompetensi yang didapat dari program kelas digital marketing dapat langsung dipraktikkan. Selain itu, lulusan SMK juga tidak hanya dituntut untuk bekerja tetapi juga dapat melanjtkan studi atau berwirausaha (BMW).

 

Ada beberapa projek yang dapat dilaksanakan di Program Kelas Digital Marketing antara lain berjualan di berbagai e-commerce, menjadi konten kreator, sosial media ads, hingga menjadi influencer atau afiliator.

Berjualan di e-commerce menjadi tren saat ini. Banyak onlineshop besar yang melebarkan sayap ke berbagai e-commerce seperti shopee, lazada, tokopedia, bibli, dan tiktok. Belakangan, tiktok menjadi semakin ramai sebagai tempat jualan setelah sebelumnya hanya sebagai media sosial dan hiburan. Hal-hal yang dapat dipelajari dalam projek kelas digital marketing ini antara lain membuat akun jualan, setting toko, mengunggah produk yang baik dan menarik, optimasi toko melalui iklan, pembuatan voucher dan harga coret, menambah follower, menghitung omset dan laba, tata cara packing hingga pengiriman.

Konten adalah sesuatu yang ingin diekspresikan melalui media. Content creator merupakan sebutan bagi seseorang yang melahirkan berbagai materi konten baik berupa tulisan, gambar, video, suara, maupun gabungan dari dua atau lebih materi. Konten yang dibuat oleh para content creator itu biasanya dimuat di platform digital, seperti YouTube, Instagram dan TikTok. Sekarang ini, content creator merupakan pekerjaan yang paling dicari dalam sebuah bisnis digital seperti onlineshop. Mereka membutuhkan konten untuk memasarkan produknya karena dengan konten. produk akan terlihat menarik di mata konsumen. Topik-topik yang dipilih oleh para content creator juga sangat beragam, mulai  dari fashion, beauty, kuliner, sampai daily vlog. Konten yang manarik akan menaikkan followers, subscribers, AdSense, dan endorsement. Menjadi content creator yang andal dibutuhkan kemampuan dan keterampilan yang tinggi dalam hal menulis, berbicara di depan kamera, mengambil foto, merekam gambar, maupun menyunting video. Tipe konten yang saat ini dibutuhkan dalam bisnis online web content creator, youtube creator, dan media creator. Web Content Creator adalah konten digital yang dibuat dalam bentuk blog atau artikel di suatu platform, karya tulisan juga dapat dipublikasikan di facebook atau twitter yang membahas spesifik suatu topic. YouTube Creator adalah content kreator yang berkarya dengan konten dalam bentuk video. Social Media Creator adalah konten kreator yang berkarya dalam bentuk video pendek atau gambar di suatu platform seperti TikTok dan Instagram.

Social media advertising merupakan salah satu jenis dari iklan online atau online advertising. saat ini social media tidak hanya digunakan sebagai tempat bersosialisasi, namun juga dimanfaatkan sebagai tempat mempromosikan produk-produk bisnis. Social media yang

 

ada saat ini tidak hanya menyediakan fitur yang bersahabat untuk bersosialisasi, tetapi juga mulai menyediakan fitur-fitur yang memudahkan pemilik bisnis untuk berjualan. Beberapa media sosial yang saat ini menyediakan layanan Ads atau iklan ini yaitu Twitter, Facebook, YouTube, Instagram, dll. Selain di sosial media, e-commerce seperti shopee, lazada, dan tokopedia juga menggunakan iklan berbayar untuk meningkatkan viabilitas produk. Jika produk banyak dilihat maka ada kemungkinan besar konsumen akan membeli. Memasang iklan di sosial media maupun e-commerce tidak asal, tetapi ada sistem cerdas yang dapat menganalisis penggunaanya yang disebut dengan algoritma. Kita harus tau algoritma tiap-tiap sosial media atau e-commerce agar iklan yang dipasang tidak boncos alias rugi. Selain itu  kita harus memperhatikan jangkauan iklan, sasaran iklan, menyusun kata kunci, membangun trafik dan konversi.

Pemasaran dalam bisnis online tidak sepenuhnya bergantung pada iklan. Saat ini, orang menjadi lebih kreatif dan inovatif untuk menghasilkan uang lewat bisnis online meskipun tidak memiliki barang dan jasa yang dijual. Menjadi afiliator memang memiliki potensi yang bagus mengingat sekarang ini sudah masuk di era digital. Salah satu keuntungan menjadi afiliator adalah mendapatkan penghasilan pasif hanya dengan memasang iklan di media sosial yang dimiliki. Pekerjaannya hanya rutin dan konsisten membuat promosi bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja. Untuk menjadi afiliator yang sukses maka seorang afiliator harus bisa membuat review produk yang bagus, membuat konten yang menarik, memahami keberadaan target market, memapu memage sosial media, serta produktif dalam memproduksi kont

 

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
5 Hari Full Acara HUT ke-78 RI SMK Muhammadiyah Karanganyar

SMK Muhammadiyah Karanganyar menggelar rangkain kegiatan 5 hari full dalam menyambut HUT Kemerdekaan ke-78 RI yang jatuh pada tanggal 17 Agustus 2023. Rangkai kegiatan dimulai dari hari

22/09/2023 08:25 - Oleh Administrator - Dilihat 911 kali
CBT (Computer Based Test) berbasis Android menggunakan CBT Beesmart

Saiful Sofyan Amin, S.Kom.NBM 1203122 CBT (Computer Based Test) sendiri adalah Ujian atau Tes dengan sistem pelaksanaan menggunakan komputer sebagai media untuk melakukan tes. Penyajia

21/11/2022 09:34 - Oleh Administrator - Dilihat 1241 kali
Test Recruitment PT. Solaria

Hari ini, (Senin, 26 September 2022) sedang berlangsung Test Recruitment PT. Solaria.Test Recruitment PT. Solaria ini di selenggarakan oleh BKK SMK Muhammadiyah Karanganyar bekerjasama

26/09/2022 10:52 - Oleh Administrator - Dilihat 1176 kali
Prambanan Food Week

SMK Muhammadiyah Karanganyar berhasil meraih juara 1 lomba cipta rasa yang diselenggarakan oleh Prambanan Food Week 2022. Disampaikan Kepala SMK Muhamkar Laila Hidayati SPdI bahwa acar

15/08/2022 15:50 - Oleh Administrator - Dilihat 615 kali
Info Lowongan Kerja RESTAURANT SOLARIA BKK SMK Muhamkar

Info Lowongan Kerja RESTAURANT SOLARIABKK SMK MuhamkarGelombang 7Pria dan WanitaAlumni Kualifikasi;1. ✓ Pria sebagai calon WAITER / HELPER.2. Belum menikah3. Usia maks.20th 4. Berkel

04/07/2022 11:39 - Oleh Administrator - Dilihat 2563 kali
POPDA Lari 300 Meter

Cabang olahraga yang dilombakan dalam Popda tahun 2022 terdiri dari 18 cabang olah raga, yaitu atletik, bola voli, pencak silat, senam, sepak takraw, bola basket, tenis lapangan, karate

30/03/2022 10:06 - Oleh Administrator - Dilihat 712 kali
POPDA Volly Pasir Putra

Cabang olahraga yang dilombakan dalam Popda tahun 2022 terdiri dari 18 cabang olah raga, yaitu atletik, bola voli, pencak silat, senam, sepak takraw, bola basket, tenis lapangan, karate

30/03/2022 10:02 - Oleh Administrator - Dilihat 637 kali
POPDA Volly Pasir Putri

Cabang olahraga yang dilombakan dalam Popda tahun 2022 terdiri dari 18 cabang olah raga, yaitu atletik, bola voli, pencak silat, senam, sepak takraw, bola basket, tenis lapangan, karate

30/03/2022 09:59 - Oleh Administrator - Dilihat 578 kali
POPDA Tenis Meja

Cabang olahraga yang dilombakan dalam Popda tahun 2022 terdiri dari 18 cabang olah raga, yaitu atletik, bola voli, pencak silat, senam, sepak takraw, bola basket, tenis lapangan, karate

30/03/2022 09:54 - Oleh Administrator - Dilihat 539 kali
POPDA Tenis Meja

Cabang olahraga yang dilombakan dalam Popda tahun 2022 terdiri dari 18 cabang olah raga, yaitu atletik, bola voli, pencak silat, senam, sepak takraw, bola basket, tenis lapangan, karate

30/03/2022 09:52 - Oleh Administrator - Dilihat 566 kali