PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) UNTUK MENINGKATKAN AKTIFITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI TKJ SMK MUHAMMADIYAH KARANGANYAR PADA MATA PELAJARAN ADMINISTRASI SISTEM JARINGAN
Dwi Sumarno
NBM : 1188980
ABSTRAK
Hasil belajar siswa kelas XI TKJ SMK Muhammadiyah Karanganyar tahun pelajaran 2022/2023 masih rendah karena penyampaian materi didominasi metode ceramah, guru kurang mengaitkan penyampaian materi dengan permasalahan nyata, siswa kurang aktif dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI TKJ melalui model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) di SMK Muhammadiyah Karanganyar. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklusnya terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan tes. Hasil penelitian pada siklus I, persentase aktivitas belajar klasikal siswa sebesar 25%, meningkat pada siklus II menjadi 75%. Untuk hasil belajar pada siklus I diperoleh persentase 20% dan meningkat pada siklus II menjadi 63%. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Administrasi Sistem Jaringan kelas XI TKJ SMK Muhammadiyah Karanganyar tahun pelajaran 2022/2023.